Densus 88 Amankan 8 Terduga Teroris di Sumut

  • Bagikan
Rumah terduga teroris di Komplek Graha Deli Permai Blok A Jl Tani Bersaudara, Kabupaten Deli Serdang.TSC/John Nasution

TERASSUMUT.COM – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan delapan terduga jaringan teroris di  Sumatra Utara. Dua terduga teroris diamankan di Tanjung Balai menyusul enam di Medan, Jumat (19/3/2021).

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan pengembangan terus dilakukan terhadap jaringan terorisme yang ada di wilayah Sumatra Utara. Sementara, ke delapan terduga teroris masih ditahan di Polda Sumut.

Terkait penangkapan terduga teroris di Tanjung Balai, disebut-sebut merupakan anggota jaringan Jamaah Ansharud Daulah (JAD). Sementara di Medan terduga teroris yang diamankan diduga merupakan kelompok dari Y alias Anto yang diamankan tahun 2019 silam di terminal di Medan saat berusaha melarikan diri. Y alias Anto merupakan jaringan dari RMN (Rabbial Muslim Nasution), yang terlibat melakukan aksi teror bom bunuh diri di Polrestabes Medan.

Keseharian terduga teroris inisial T yang tertangkap di daerah Medan Johor bekerja sebagai pedagang keripik. Ia menyewa sebuah rumah di Kawasan Medan Johor, Kabupaten Deli Serdang seperti yang diungkapkan sekuriti komplek, Imam.

Menurutnya, T belum setahun menempati rumah tersebut bersama keluarganya, satu istri dan satu anak. “Baru sekitar enam tujuh bulan tinggal di sini, pekerjaannya hanya satu jual kripik,” kata Imam.

Penangkapan terduga teroris tersebut diketahui oleh sekuriti dan juga Camat Medan Johor Zulfakhri.

 

  • Bagikan